Tutorial Cara Install Windows 7 Dari Flash Disk Menggunakan WinToFlash

windowsxp7

Banyak sekali pengguna Operating System Windows, Baik itu Windows XP maupun Windows 7. Namun ada suatu waktu Operating System tersebut mengalami kerusakan, seperti Windows sering Hang, kinerja menjadi lambat, ataupun alasan lainnya, yang memerlukan install ulang kembali Windows.

Bagi pengguna yang tidak memiliki DVD Disk Drive seperti Netbook kecil, atau internal DVD Drivenya rusak, mungkin ini cukup membingungkan, karena satu-satunya jalan menginstall ulang Windows hanya melalui Flashdisk.

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan sebuah tutorial install windows yang bisa bermanfaat bagi anda yaitu tentang Cara Mudah Install Windows 7 Dari Flash Disk. Cara ini dapat digunakan untuk Windows XP maupun Windows 7, dan cara ini sudah berulangkali saya coba sendiri ke berbagai macam Hardisk baik Komputer, Laptop, ataupun Netbook dan 100% sukses, Operating System windows 7 tersebut berhasil diinstal dengan sempurna, tanpa ada masalah.

Langkah pertama sebelum melakukan install Windows 7 Dengan Flash Disk yaitu kita harus memiliki Flashdisk yang telah terinstall Windows, kemudian kita jadikan Flashdisk tersebut Windows 7 Flashdisk Installer. Anda dapat menyimpan Flashdisk tersebut sebagai windows ataupun diformat ulang untuk keperluan lain di masa yang akan datang.

  Persiapan yang diperlukan Mentransfer Windows ke Flashdisk hanya 3, yaitu: 1. Flashdisk minimal 4 Gb untuk Windows 7 dan 2 Gb untuk Windows XP. 2. Sumber Windows 7 / XP (bisa dari DVD atau dari Hard Disk). 3. Software (Wintoflash) untuk Mentransfer CD Windows XP atau DVD Windows 7 ke Flashdisk. Download Software Program Wintoflash pada langkah no.1 di bawah. Catatan: Ada beberapa macam software yang dapat digunakan untuk mentransfer windows, namun menurut saya inilah yang sangat mudah dan sederhana, karena Software ini Gratis, dan tidak memerlukan Software pendukung lainnya. (Cukup Software ini saja). Langkah-langkah Mentransfer Windows installer ke Flashdisk

1. Download Software Wintoflash (Disini saya menggunakan versi 0.7.0054, Januari 2013), Atau pilih Latest Version 0.8.0009 (Perhatikan Versinya), karena versi sebelumnya berbeda. Jika masuk ke website wintoflash, cari All Version Di bawahnya, kemudian download versi terbaru paling kiri atas (warna hijau – biasanya).

Tautannya adalah ini.

Software wintoflash

Link alternatif 4shared.

password: anggadocx

2. Setelah selesai Download, Kemudian klik kanan Extract menggunakan Winrar dan Jalankan Wintoflash.

Extract wintoflash

3. Saat Pertama kali dijalankan, Ada konfirmasi Persetujuan, (I Accept) kemudian Next- Next sampai Muncul Tampilan Windows Setup Transfer Wizard.

Persetujuan menggunakan wintoflash

4. Windows Setup Transfer Wizard, Pilih Tab Advanced Mode, Kemudian untuk Windows 7 Pilih Transfer Windows Vista/2008/7/8 setup to USB drive, Kemudian klik Create. (Untuk Windows XP Pilih Transfer Windows XP/2003 setup to USB drive).

windows transfer wizard

Cara Install Windows 7 Dari Flash Disk Menggunakan Wintoflash

Pilihan transfer windows

5. Pilih drive Sumber Windows (Biasanya kepingan CD/DVD Windows) dan drive flashdisk yang akan ditransfer.

Pilihan Drive CD/DVD windows

Posisi DVD Windows 7 bisa di drive mana saja, biasanya (E:), kebetulan punya saya di drive H

Pilihan Drive Flash Disk

Disini Posisi Flash Disk bisa di drive mana saja, kebetulan punya saya di drive I

6. Klik Run, Dan tunggulah beberapa menit sampai proses transfer selesai, biasanya sekitar 5-15 menit, tergantung kecepatan komputernya. Jika telah selesai di exit saja, dan Flash Disk sudah terinstall Windows dan dapat digunakan. transfer windows ke flash disk 7. Masukan Flash Disk Ke Laptop/Netbook/Komputer sebelum dinyalakan. 8. Nyalakan Laptop, kemudian masuk ke Setup Menu dengan menekan F2 (Pada beberapa Laptop lain, mungkin dengan menekan Esc, Del, F1 kadang F10). Booting Laptop Setup Menu Catatan: Tampilan Menu Bermacam-macam tergantung Merk Laptop / Komputer. 9. Pilih setting Boot Pertama ke Flash Disk (USB), kemudian Pilih Tab Exit dan Save (Yes), maka Laptop akan segera Restart. Kebetulan punya saya memakai USB Merk SanDisk Cruzer. Pilihan Booting exit setup menu 10. Mulai Proses Instalasi Windows 7 dari DVD Windows 7 Installer, Klik Apa saja pada keyboard, misalnya klik Enter (waktunya hanya 5 detik, kalo 5 detik ga di klik, proses tidak akan terjadi, harus restart lagi) booting komputer dari DVD Pada Langkah ini tidak melakukan apapun loading file windows 7 memulai install windows 7 11. Pilih English, Klik Next memilih setelan bahasa 12. Klik Install Now mulai install windows 7 13. Klik I accept the license terms, kemudian Klik Next persetujuan install windows 7 Proses Segera Dimulai start install windows 7 14. Pada Langkah ini, sangat penting, penting, dan penting, Klik Custom (advenced) – Langkah ini akan memproses Windows dari awal, sehingga nanti akan seperti baru, dan menghapus semua sistem yang lama. install ulang advanced 15. Setelah Itu masuk ke Contoh Gambar Di bawah ini, Pada langkah ini Penting Untuk Mengatur Partisi Yang akan diinstal Windows 7 Yang Baru. Gambar di bawah ini contoh Laptop yang memiliki 3 Partisi, Pertama System Reserved, Kedua Windows 7 lama alias C:, dan Ketiga Data alias D: Catatan: Jika Pada Gambar dibawah ini pada kotak tersebut kosong maka, hardisk kemungkinan rusak atau kabel ke hard disk tidak bagus (tidak terdeteksi). pengaturan partisi windows 7 16. Delete Partisi System Windows Yang Lama, maka sistem Lama (C:) akan terhapus, dan My Documents pun akan terhapus seluruhnya, karena My Documents termasuk C: Jadi kalo simpan Data-data dikemudian hari sebaiknya di D: atau E: Arahkan kursor, Delete Partisi dengan Klik Delete, kemudian klik OK – OK aja, sampai tampilan pada gambar berikutnya. delete partisi windows 7 17. Arahkan Kursor Pada Partisi Yang Akan diisi Windows 7 Yang Baru, Klik New Kemudian Klik OK – OK (Untuk diketahui, disini ada suatu nilai berapa Byte Hard Disk). memilih dan membuat partisi windows 7 18. Maka Tampilan akan seperti berikut, Kemudian arahkan Kursor Pada Partisi Yang Akan Diinstall Windows Yang Baru (Primary), Kemudian Klik Next. partisi baru windows 7 Proses Instalasi Benar-benar dimulai, kalo sudah sampai langkah ini anda bisa benar-benar bersantai, karena selanjutnya akan berjalan Otomatis. Jangan klik apapun, biarkan saja sampai restart dengan sendirinya. transfer file windows 7 Jika Pada saat Expanding Windows files ada error, berarti memory laptop/komputer rusak. Kalo lancar, Windows akan restart otomatis. Catatan: Jika menggunakan DVD tidak melakukan apapun, tapi jika menggunakan Flash disk setelah gambar berikut (restart) Flash disk HARUS dicabut. restart otomatis Setelah Restart, pada langkah ini jangan klik apapun, kalo diklik nanti mulai lagi seperti langkah di atas. (Jika memakai flash disk tidak ada gmbr dibawah ini, kan dah dicabut). booting dari DVD Biarkan saja, jangan klik apapun mulai melanjutkan install windows 7 update registry setting setup starting windows 7 19. Menyempurnakan Proses Instalasi Windows, Biarkan saja, jangan klik apapun, kalo gerakin mouse atau minum kopi Boleh. menyempurnakan install windows 7 Proses Instalasi Windows hampir selesai, dan akan restart otomatis, jangan klik apapun. continue install windows 7 restart kembali windows 7 preparing komputer for the first use 20. Isi Nama untuk Laptop, Komputer, bebas, Trus Klik Next. memasukan nama untuk komputer 21. Ga usah diisi, kecuali Laptop atau komputernya ingin memakai password, kemudian klik Next. memasukan password windows 7 22. Jika sudah memiliki Kode Windows 7, ketik kodenya dalam kotak tersedia, dan klik Automatically activate Windows. Jika belum mempunyai kode, jangan diisi apapun, Disebelah Next nanti ada Skip, jadi Klik Skip. memasukan kode windows 7 23. Klik Use recommended settings recommended setting 24. Sesuaikan waktu yang dikehendaki, kemudian klik Next. pengaturan waktu

Selamat Proses Instalasi sudah Sempurna, Namun bagi yang belum memasukan kode windowsnya (atau belum di aktifkan-activated), maka sempurnanya windows tersebut hanya berlaku 30 hari, jika 30 hari belum di aktifkan, tampilan windows akan berubah hitam, dan jika dibiarkan kadang bisa merusak hardware Laptop atau Netbook, sebaiknya segera aktifkan Windows setelah Instalasi selesai, Bertanya kepada yang lebih mengetahui.

instalasi windows 7 telah berhasil

Catatan: Biasanya dan memang wajib, setiap selesai install windows 7 sebaiknya install juga drivernya seperti Graphics driver, Audio Driver, Network Driver (yg berhubungan dgn driver sesuai merknya), biasanya ada CD / DVD tersendiri dikasih waktu membeli Laptop / Komputer, kalo tidak ada harus download.

Namun Pada beberapa Merk Laptop, biasanya tidak perlu juga karena sudah terintegrasi dengan Windows 7. “Driver” harus diinstall supaya Laptop / Komputer berjalan dengan semaksimal mungkin.

This entry was posted in Software. Bookmark the permalink.

16 Responses to Tutorial Cara Install Windows 7 Dari Flash Disk Menggunakan WinToFlash

  1. imran says:

    instal windows 7 hampir selesai tapi error disaat windows is finalizing your settings. Bagaimana cara mengatasinya ini???

    • agan pastikan saat peralihan os ke fd itu engga ada proses yang gagal / terlewatkan (alternatif lain pakai rufus),
      pastikan yang akan menjadi drive C: diformat terlebih dahulu..

  2. Evi Fanniams says:

    Gak apa-apa ya gan klo key nya gak disi utk kedepannya?

  3. Nesaba Media says:

    mas kalau untuk instalasi windows XP menggunakan Rufus bisa ndak ??
    makasiih artikel bermanfaatnya🙂

  4. Ricky says:

    gans ini windows nya tar pas di instal genue ga tar windows not genue lagi

  5. Adam says:

    gan kalau seperti cara diatas apakah partisi D: nya ikut terformat?

  6. Mr.Otong says:

    Iin copy gambarnya ya…

  7. LKP Setkom says:

    Daftarkan segera diri anda untuk menjadi seorang teknisi laptop,!!
    Caranya silahkan buka link berikut http://www.setkom.sch.id/, atau hub.089505818296

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s