Komputer Generasi Keenam

Berikut adalah kelanjutan perkembangan teknologi komputer, setelah Intel mengembangkan Pentium 1.

  • Tahun 1995 – Intel merilis Pentium Pro processor, Pentium Pro Processor yang diberi nama P6 dan P6 pun merupakan processor family yang pertama. Selanjutnya Microsoft merilis Operating System yang menggebrak dari perkembangan Operating System, yaitu Windows 95, Windows 95 merupakan Operating System 32-bit yang pertama.
  • Tahun 1997 – Intel merilis Pentium II processor, yang secara essensial adalah Pentium Pro dengan tambahan MMX instructions. Dan dari AMD memperkenalkan K6, yang kompatible dengan Intel P5 (Pentium).
  • Tahun 1998 – Microsoft merilis Windows 98. Setelahnya pada tahun 1998 Intel merilis Celeron, versi hemat dari Pentium II processor.
  • Tahun 1999 – Intel merilis Pentium III, yang secara essensial adalah Pentium II dengan tambahan SSE (Streaming SIMD Extensions). Terus dari AMD pun mempekenalkan Athlon-nya.
  • Tahun 2000 – Microsoft meluncurkan Windows Me (Millennium Edition) dan Windows 2000. Selanjutnya juga pada tahun ini Intel and AMD memperkenalkan processors yang berkecepatan 1GHz. Dan pada tahun yang sama AMD memperkenalkan Duron, Athlon versi hemat dengan pengurangan pada L2 cache. Selain itu dengan perkembangan yang begitu cepat Intel memperkenalkan Pentium 4, processor terakhir Intel dengan Architecture 32-bit (IA-32) family.
  • Tahun 2001 – Intel mengeluarkan Itanium processor, processor 64-bit (IA-64) untuk PC. Pada tahun yang sama ada suatu acara yang meramaikan tahun tersebut, yaitu saat Industri komputer merayakan ulang tahun ke 20 untuk original IBM PC. Dari Intel dalam perkembangan selanjutnya memperkenalkan processor 2GHz pertama, sebuah versi lain dari Pentium 4. Nah, pada tahun ini juga Microsoft merilis Windows XP edisi Home dan Professional, yang merupakan sistem operasi gabungan dari sistem operasi untuk konsumen rumahan (9x/Me), dan konsumen bisnis (NT/2000) yang pada jamannya sangat banyak sekali diminati oleh pengguna komputer di seluruh dunia, mungkin hingga sekarang ini.
  • Tahun 2002 – Intel merelease processor 3GHz-class, sebuah versi 3.06GHz dari Pentium 4. Processor ini juga memperkenalkan Intel’s Hyper-Threading (HT) technology (yang membuat sebuah processor mampu mengerjakan dua threads aplikasi secara bersamaan) untuk komputer desktop.
  • Tahun 2003 – AMD merelease Athlon 64, processor 64-bit pertama, yang ditargetkan untuk konsumen mainstream dan pasar bisnis.
This entry was posted in Article. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s