17 Agustusan di Bulan Ramadhan

Tanggal 17 Agustus adalah tanggal yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, tanggal yang dimana adalah hari lahirnya bangsa Indonesi, hari dibacakannya Proklamasi yang menjadi simbol kemerdekaan bangsa Indonesia. Tanggal tersebut adalah saksi atas jasa para pahlawan-pahlawan kita yang telah berjuang dengan seluruh jiwa dan raga untuk melepaskan diri dari jajahan para penjajah yang tidak mengenal rasa belas kasihan terhadap sesama manusia yang hanya memikirkan keuntungan dirinya sendiri saja tanpa melihat jerit payah orang-orang yang mereka jajah…Hmm…mungkin itu masih terjadi sekarang namun secara tidak langsung negara kita masih dijajah oleh orang-orang yang hanya mementingkan kepentingan pribadinya saja. Aduh-aduh, kenapa jadi jauh dari topik…hehe

Tapi di tanggal inilah seluruh masyarakat Indonesia secara rutin setiap tahunnya memperingati hari kemerdekaan Indonesia, dengan melaksanakan berbagai prosesi yang begitu meriah. Mulai dari diwajibkannya untuk seluruh masyarakat Indonesia memasang bendera sang merah putih dan melaksanakan upacara 17 Agustus hingga mengikuti berbagai acara perlombaan yang diadakan di setiap daerahnya masing-masing.

Namun, untuk tahun 2011 ini ada yang berbeda dari tahun-tahun biasanya. Tanggal 1 Agustus di tahun ini bertepatan dengan tanggal 1 Ramadhan, yang dimana seluruh umat muslim melaksanakan ibadah puasa 1 bulan penuh. hee…sebenernya sih ada satu yang spesial lagi…yaitu selain tanggal 1 Agustus ini bertepatan dengan tanggal 1 Ramadhan, bertepatan juga dengan tanggal kelahiran saya alias tanggal ulang tahun saya. hehe…narsis…tapi memang tanggal 1 Agustus tahun ini adalah kado terbesar yang pernah saya terima. Jadi saya sangat bersyukur sekali dengan apa yang Allah SWT berikan ini.

Kembali ke topik…🙂 Karena kebanyakan warga negara Indonesia beragama Islam, jadi disaat seluruh umat muslim husu menjalankan ibadah puasanya mereka juga harus melaksanakan peringatan hari kemerdekaan Indonesia. Tidak bisa dibayangkan…walaupun hanya satu hari. Lalu, bagaimana dengan perlombaan makan kerupuk, balap karung, balap kelereng, panjat pinang dll (dan lupa lagi)…hee Pastinya apabila disaat seluruh umat muslim menjalankan ibadah puasanya harus melakukan aktifitas lomba-lomba tersebut pastilah sangat melelahkan apalagi harus memakan kerupuk, itu jelas-jelas dilarang. Mungkinkah perlombaannya akan dilaksanakan pada malam hari ? hehe Yang pasti apabila sekiranya kita masih sanggup untuk melaksanakan perlombaan-perlombaan tanpa akan mengganggu ibadah puasa kita, mengapa tidak kita melaksanakannya di bulan Ramadhan ini. Selain itu ada juga aktifitas yang wajib dilaksanakan oleh instansi-instansi yaitu upacara penaikan dan penurunan bendera sebagai simbol memperingati hari kemerdekaan Indonesia.

Jadi di bulan Ramadhan tahun ini dapat kita lihat begitu luar biasa pengorbanan untuk melaksanakan ibadah puasa. Disinilah Allah SWT memacu kita untuk meningkatkan ketaqwaan kita kepada-Nya. Tidak ada alasan untuk tidak berpuasa di bulan Ramadhan tahun ini, malah kita harus lebih memperbanyak ibadah-ibadah kita, baik ibadah wajibnya maupun ibadah sunahnya. Itulah seharusnya yang harus kita lakukan sebagai rasa syukur kita kepada Allah SWT.🙂

This entry was posted in Article. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s